Friday, 24 June 2016

Penulisan Nama Class, Attribute, Layout dan Method di Android Yang Baik dan Benar

Setelah membuat project, kita akan belajar bagaimana menulis File, Class, Attribute dan Nama Layout di Android. Jika kalian baru pertama kali belajar Java Android tidak masalah jika ada kesalahan-kesalahan penulisan di beberapa elemen android.

Kesalahan-kesalahan yang saya maksud disini tidaklah bersifat fatal sehingga menyebabkan program yang kita buat menjadi error atau tidak running dengan baik, melainkan kesalahan yang menghambat proses merge program atau developernya.

Ini akan terasa jika kalian sudah bekerja di suatu perusahaan dan sudah terbiasa mengerjakan aplikasi. Maksud saya begini, jika biasanya kalian menulis kode dengan style kalian sendiri tidak masalah, karena kalian sendiri yang mengerti file ini sebagai apa, bagaimana penggunaannya dan apa maksudnya. Sekarang bayangkan jika kalian mendapat project yang sudah jadi dan kalian disuruh menambah fitur yang berhubungan dengan proses-proses sebelumnya dalam aplikasi?

Jika style kodenya sama dengan kalian kan tidak masalah, bayangkan jika berbeda dan parahnya lagi tidak ada keterangan tertentu yang mempermudah kalian mengerti kodenya, ribet kan?. Kenapa saya bilang begitu, karena saya pernah mengalaminya, butuh waktu seminggu untuk memperbaiki beberapa kodenya dan memahaminya hahaha :))
Nah, sebelum itu terjadi ada baiknya kita pelajari dari awal bagaimana sebenarnya atau bagusnya menulis kode yang umumnya semua developer tau dan menerapkan itu.

PACKAGE


Package adalah sebuah directory yang kita buat untuk memfilter class-class tertentu. Ini penting karena orang akan mengerti dimana kumpulan Activity, Fragment, Helper dan lain lainnya berada. Lihat Gambar 1.

Gambar 1

ADAPTER


Adapter adalah class yang mengatur item-item yang sama (artinya bentunya sama, tidak ada perubahan). Misalnya object mahasiswa memiliki attribut id, nama, jurusan, fakultas. Jika ada object berulang seperti itu, maka kita perlu menggunakan adapter. Penulisannya harus menyertakan kata Adapter dibelakang nama yang kalian berikan dan tempatkan pada package adapter.


ACTIVITY


Activity adalah komponen pada aplikasi android yang menampilkan dan halaman pada android sebagai tempat interaksi antara pengguna dan aplikasi. User dapat melakukan aktifitas seperti pengambilan photo, melakukan panggilan, dllnya. Penulisan setiap class Activity harus menyertakan Nama Activity dan tempatkan pada package activities.

FRAGMENT


Fragment bisa dikatakan representasi dari kebiasaan (behavior), prilaku atau bagian dari user-interface dalam Activity. fragment selalu & harus dipasang (embeded) di dalam activity. kalian dalam membuat banyak fragment dalam activity. Sama seperti penulisan pada Activity, pada fragment kalian juga harus menyertakan kata Fragment disetiap fragmen yang kalian tulis dan tempatkan di package fragments. Lihat Gambar 2


Gambar 2
Ini berlaku untuk semua class, interface, Utils, Helper apapun itu namanya.

ATTRIBUTE


Atribut adalah nilai data yang terdapat pada suatu objek yang berasal dari class. Atribut merepresentasikan karakteristik dari suatu objek. Penulisan yang umum dikalangan para developer biasanya menggunakan huruf m kecil sebelum nama atribut tersebut, lihat Gambar 3

Gambar 3

METHOD


Sebenarnya ada banyak pengertian method jika kalian cari di internet. Gampangnya gini, kenapa orang membuat method? karena ada fungsi khusus dalam kode tersebut, tujuannya apa? agar mudah di cari jikalau ada suatu perbaikan atau agar kode yang dibuat rapi dan terstruktur dan mudah dipahami. Lihat Gambar 4 dan Gambar 5 untuk melihat perbedaannya.

Gambar 4 Tanpa Method
Gambar 5 Dengan Method

LAYOUT


Layout adalah bagian user interface sebuah Activity. Setiap Activity atau fragment pasti memiliki user interface. Biasanya layout ini berisi Button, Listview, EditText, TextArea dll. Penulisannya hampir sama dengan Activity atau Fragment. Bedanya nama activitynya ditulis paling depan di ikuti symbol underscore lalu berikan nama layoutnya.

Inget satu hal lagi sesuaikan dengan nama yang memakainya. Contohnya begini : Kita akan membuatkan layout MainActivity.java maka nama layoutnya akan menjadi seperti ini activity_main.xml. Contoh lain : FoodFragment.java nama layoutnya adalah fragment_food.xml. Lihat Gambar 6

Gambar 6
Sekian pembahasan kali ini, semoga kalian yang baru belajar ada gambaran bagaimana seharunya menulis file di Android. Semoga membantu

Please post a polite comment and do not post a spam
EmoticonEmoticon