Wednesday, 29 June 2016

Crop Image Pada Android Menggunakan Library Edmodo Serta Cara Penggunaannya

Image crop adalah suatu teknik yang yang digunakan untuk memotong bagian-bagian gambar sesuia dengan keinginan. Dalam pemrograman ada banyak cara melakukan crop image, selain manual dengan photosop (setelah itu diupload ke aplikasi) ada juga yang langsung menerapkan proses cropping di aplikasi.


Khususnya di aplikasi Android, contoh aplikasi-aplikasi yang menggunakan crop langsung adalah line, bbm, facebook dllnya. Proses croping pada gambar dalam aplikasi dapat dibuat dengan native code langsung (developer sangar hehe), ada juga yang menggunakan library (developer newbie seperti saya :D).

Ngomong soal library, ada sebuah library yang bagus yang dapat meng crop image sesuai dengan

yang kita mau, tidak kaku cropingnya seperti pada beberapa social media. Disamping itu terdapat fitur untuk me rotate gambar yang akan kita crop.

INTRODUCTION


Nama library tersebut adalah Edmodo-Android-Image-Cropper karya seseorang dengan nama akun di github ArthurHub 

SPESIFIKASI  / KEUNGGULAN


bebarapa kelebihan / spesifikasi dari library ini adalah sebagai berikut L
  1. Powerfull = Zoom, Rotation, Multi-source
  2. Customizable = Shape, Limits, Style
  3. Optimized = Async, Sampling, Matrix
  4. Mudah digunakan

 

PENGGUNAAN


Compile file berikut di build.gradle(apps) :
 
Kemudian edit file AndroidManifest.xml, tambahkan beberapa uses-permission dan deklarasikan activity com.theartofdev.edmodo.cropper.CropImageActivity, bentuknya menjadi seperti ini :

Activity com.theartofdev.edmodo.cropper.CropImageActivity merupakan activity bawaan library, kita tinggal medeklarasikannya saja di Manifest.

Setelah semua sudah dipersiapkan, sekarang kita buat layout yang akan digunakan, beri nama activity_main.xml, jadinya seperti ini :

perhatikan button, disana ada attribute yang bernama onClick, nama dari onClick tersebut nantinya akan menjadi nama method di class dimana activity_main.xml digunakan. Cara penggunaannya begini, kalian taruh curson di deskripsi onClicknya, kemudian tekan Alt+Enter, kemudian muncul suggestion, kalian pilih create onclick even handler, lihat Gambar 1

Gambar 1

Cara seperti itu sama dengan cara mengambil ID button langsung dari class yang menggunakannya (saya belum pernah coba hehe).

Sekarang, siapkan class dan beri nama MainActivity.java

Perhatikan method onSelectImageClick(View view), methid ini tercipta otomatis saat kita mebuatnya di button tadi, jadi tidak perlu lagi memanggil method ini di onCreate().

Perhatikan juga method onActivityResult(), disana ada  keterangan diatas method @TargetApi(Build.VERSION_CODES.M), itu muncul otomatis, karena saat kalian menulis kode requestPermission, dengan sendirinya program memintanya, kalian tinggal pilih Atl+Enter (beres).

Running aplikasi, coba ambil gambar dari Camera dan Gallery, Lihat hasilnya. Kalo berhasil ya bagus, kalo ada error silakan ditanyakan disini lagi. Happy coding!! have fun!!

Please post a polite comment and do not post a spam
EmoticonEmoticon