Tuesday, 5 July 2016

Beberapa Kesalahan Utama Dalam Belajar Bahasa Pemrograman

Banyak dikalangan pelajar atau siapapun yang sedang belajar pemrograman selalu bertanya bagaimana cara belajar pemrograman agar cepat bisa dan lancar.

Yang saya artikan mereka minta cara belajar pemrograman dengan instant. Tidak harus melalu proses pusing dan memusingkan.


Dulu saya juga seperti itu berfikirnya, saya pengen bisa belajar pemrograman tapi pengen

yang mudah belajarnya. Sebenarnya pemikiran seperti itu bukan membuat kita berkebang, melainkan kita tidak akan mau mencoba sesuatu yang baru yang akan membuat berkembang.

Berikut ini saya akan sharing pengalaman saya bagaimana menyimpulkan diri saya sampai paham bahasa pemrograman (saya tidak pintar dalam pemrograman tapi saya paham apa yang harus saya lakukan) :

FOCUS


Banyak dikalangan orang yang sedang belajar pemrograman tidak bisa menentukan kemana mereka akan berlabuh, bahasa pemrograman apa yang akan mereka geluti sebagai bekal nanti untuk kerja.

Ketika melihat orang membuat web bagus hasilnya, kita ingin menjadi programmer web, ketika melihat teman bisa mengerjakan program java dengan baik, kita pengen juga jadi programmer java, dst.

Kenapa orang bisa banyak bahasa pemrograman? karena mereka focus dulu terhadap satu pemrograman, kuasai main prosesnya, logicnya, apapun tugas kuliah kalian, selalu gunakan bahasa pemrograman yang akan kalian geluti, maka sedikit demi sedikit kalian akan menguasainya. Ketika kalian sudah menguasai level middle, kalian akan paham bagaimana struktur bahasa pemrograman itu.

Jadi, jangan melihat karna teman bagus buat aplikasi, maka kalian ikut-ikutan, tapi pelajari dan tekuni apa yang kalian ingin pelajari. Karna ketika kalian suka dengan apa yang kalian geluti, pasti hasilnya bagus. Untuk itu focus adalah point utama

COPY PASTE


Ini adalah penyebab orang tidak mampu menyerap bahasa pemrograman dengan baik, termasuk saya dulu seperti ini. Ketika mendapat tugas dari kampus untuk membuat program tertentu, saya browsing di internet, copy dan paste di IDE, ketika program running well, saya tidak baca-baca lagi, tapi tutup program dan tidur nyenyak.

ini sangat berbahaya, kenapa? karna untuk awal awal belajar, pemahaman penting. program harus diketik ulang dan dirunning secara berkala, lihat outputnya, kenapa bisa outputnya seperti itu, kenapa begini, kalian telaah dari kode yang kalian ketik, cari logicnya, lambat laut pasti bisa, saya jamin!!

Mereka yang sudah paham logic dan paham pemrograman tidak malasah ketika harus copy paste, karena sekali lirik saja, sudah paham dimana main logicnya. kan kalo kalian suruh tulis ulang, pasti programmer itu bisa melakukannya. Saya sudah mengalaminya.

Kadang-kadang saya hanya mencari corenya saja, apa penyebabnya, ketika saya sudah tau, saya buat program dengan model seperti apapun saya bisa.

Jangan jadi copy-paste! Ketik programnya ulang dan pahami, ketika kalian terus melakukannya secara berulang, akan timbul kebiasaan dan kedepannya pasti kalian dengan sendirinya bisa.

LOGIC


Kenapa ini penting? karena semua pemrograman intinya logic, kalian tidak akan mampu menerapkan dalam kode, ketika kalian tidak paham logic dari program yang kalian buat.

Kadang programmer yang sudah paham, bisa memikirkan hasilnya sebelum kode ditulis, meskipun dalam keberlangsungan penulisan kode ada salah-salah sedikit.

Bagaimana cara agar logic kita bagus? jawabannya jangan jadi copy-paste! kalian bisa baca lagi penjabaran saya diatas.

Ketika kalian sudah mampu menulis kode sendiri, selanjutnya kalian buat kasus sendiri, yang mudah-mudah saja, bagaimana cari bilangan prima, cari bilangan genap ganjil, buat piramida dengan bintang dan lain-lainnya. meskipun sederhana, tapi yang dicari bukanlah hasilnya, tapi logicnya.

STRUKTUR


Struktur disini saya jabarkan secara global. Dalam pemrograman apapun ada aturan-aturan sendirinya, misalnya hak akses modifier. Seperti apa itu? silakan baca postingan saya disini : Belajar Encapsulasi 

Pendeknya hak akses modifier itu adalah public, private dan protected. Kesalahan programmer awal tidak memahami ketiganya, mereka asal menulis semaunya yang penting program jalan.

Memang efeknya tidak kelihatan ketika kalian gunakan hanya untuk tugas kuliah, tapi akan terlihat ketika kalian sudah membuat project besar, disitu akan terlihat betapa pentingnya hak akses modifier tersebut.

Pelajari juga tentang OOP (Object oriented), OOP memang agak kompleks ketika baru belajar, tapi akan sangat membantu kalian menulis program lebih terstruktur dan mudah dimengerti ketika dibuka lagi.

kebanyak orang yang saya temui tidak tidak berencana dalam membuat program. Misalnya saja mendapat tugas kuliah membuat program login, mereka hanya cari source code di internet, apa yang didapatnya itu yang di ambilnya, kenapa tidak kalian modifikasi, dari yang awalnya prosedural menjadi oriented. Ini sangat membantu kalian dalam logic pemrograman.

Pelajari Method baik-baik, Pelajari bagaimana OOP tidak hanya teori tapi harus praktek koding.

PROBLEM ERROR


Yang saya sering temui saat belajar pemrograman, banyak orang ketika sudah semangat membuat program dan ditengah jalan menemui masalah, mereka menyerah.

Misalnya saja begini, kalian membuat program dengan Java, ketika ditengah2 kalian dapat masalah error dan lain sebagainya, kalian tidak bisa solving dalam beberapa waktu hingga akhirnya menyerah dan mengatakan "Anjir java sulit, ini error terus gak tau harus diapakan, ah belajar yang lain aja lah". Ini sangat salah, Ingat :
Pelaut handal tidak terlahir dari ombak yang tenang
Orang yang bisa jadi programmer karna mereka sering menemui error dalam aplikasi yang mereka buat, tapi mereka tidak menyerah, mereka cari terus menerus hasil berhasil solve. Dari berhasil menyelesaikan error tersebutlah kita belajar, terus dan terus maka jadilah kalian programmer.

Cara solving tidak harus sendiri, ketika kalian mentok dengan cara sendiri, kalian bisa kok bertanya keteman yang lebih pintar dalam pemrograman, percaya deh pasti kalian belajar banyak nantinya.

JAM TERBANG


Jam terbang maksud saya disini adalah, usahakan setiap hari kalian sempatkan membuat program, itu akan melatih logic dan ingatan kalian. Usahakan untuk awal-awal belajar buatlah program sesuai dengan minat. ketika kalian sudah menguasainya, kalian boleh belajar pemrograman yang ada hubungannya dengan pemrograman yang kalian minati.

misalnya kalian suka WEB, kalian pelajari dulu PHP, ketika sudah meresa mengerti PHP, kalian pelajari Database. Dengan itu kalian sudah bisa buat form login sendiri. Setelah keduanya kalian kuasai, melebar lagi ke design nya, yaitu CSS dan JavaScript agar tampilan web kalian bagus. Lambat laun, website kalian pasti memiliki tampilan dan fungsionalitas OK.

LINGKUNGAN


Jangan jadi followers! maksud saya, jangan hanya ikut ikutan, ketika teman kalian tidak suka dengan bahasa pemrograman A, dan kebetulan juga kalian sedang bertemu error dengan pemrograman A, kalian jadi ikut mengatakan itu susah dan ingin pindah ke pemrograman B. Sampai kapanpu tidak akan bisa kalian belajar. Kalo kata orang yang sudah mahir, " Kalian baru ketemu error segini aja, di hasut teman untuk pindah ke pemrograman B, kalian mau. Jadi Kapan belajarnya?".

Sering-seringlah sharing pemrograman ke teman yang lebih mengerti, inipun jika kalian serius ingin belajar pemrograman. Tidak apa apa dibilang sok sokan serius belajar juga tidak pintar-pintar amat, Tapi percaya deh, ketika kalian konstan belajar sendiri dan dengan lingkungan yang bagus juga TUNGGU ketika kalian lulus, kalian akan meraka beberapa langkah lebih maju dari pada mereka yang tidak mau belajar sampa titik maksimalnya.

Kalian lulusan IT, setelah lulus nanti mau kemana? pasti yang pertama kalian lirik adalah perusahaan IT juga. Meskipun banyak juga yang bisa berkarir diluar IT.

Toh kalo memang ingin berkarir diluar IT, kenapa tidak dari awal saja keluar dari Jurusan IT [ini cuma pendapat saya saja ya, jika kalian punya pemikiran lain, silakan dilanjutkan, saya sangat menghargai itu]

Carilah komunitas pemrograman agar kalian bisa belajar lebih cepat, tidak perlu kita pintar disana yang penting try hard dan jangan menyerah.

Setelah lulus dan bekerja di perusahaan IT, saya bisa cepat menyerah ilmu-ilmu pemrograman yang baru, kenapa? karena saya sudah belajar yang dasar-dasar lebih awal entah itu buat kasus sendiri buat aplikasi kecil-kecilan, dan ketika saya masuk ke level middle, SETIDAKNYA saya tidak sepusing dulu ketika masih belajar tidak terarah.

Itu beberapa hal yang memperlambat kita memahami pemrograman, sebenarnya banyak kok, kalian bisa searching searching lagi di internet

Selamat mencoba, semoga pengalaman saya ini mampu memberi gambaran kalian yang sedang belajar pemrograman. Happy coding!! have fun!!

Please post a polite comment and do not post a spam
EmoticonEmoticon