Wednesday, 20 July 2016

Cara Efektif Agar Bisa Diterima Google Adsense Review Kedua, Saya Sudah Buktikan!

Oke hari ini postingan saya melengceng dari tema yang kebanyakan programming. Kenapa demikian? Ya karna saya ingin teman-teman membaca
postingan saya tentang Google Adsense.

Mengenai judul postingan ini adalah Cara efektif, jadi bukan berarti ini yang paling benar, saya hanya sharing pengalaman saya berjuang agar bisa di terima jadi publisher Adsense.

Saya baru saja diterima sebagai publisher Adsense, lolos review kedua. Rasa senang tidak bisa digambarkan ketika mendapati email bahwa
google telah menyetujui permohonan Adsense saya.

Q : PASTI KETEBULAN SAJA BISA LOLOS REVIEW KE 2


Tidak! Saya sudah mendaftar sebanyak 4 kali ditolak Adsense. Dan rasanya itu pasti kalian sendiri tau, yang jelas hampir putus asa.

Penolakan pertama, kedua alasan dari google karna kontent tidak memadai, saya browsing2 katanya kalo konten tidak memadai artinya artikel harus lebih banyak lagi, dan artikel harus original.

Saya sudah punya artikel 200 lebih di blog saya, tapi memang sebagian besar hanya copy paste, tidak ada topik jelas dan fontnya juga berbeda beda di setiap postingan.
Saya hapus artikel2 yang bukan original punya saja, hinggal jumlahnya menjadi 25 buah artikel sodara-sodara (sakit sekali).

Q : SETELAH HAPUS SEMUA ARTIKEL COPY PASTE, SELANJUTNYA?


Saya buat artikel-artikel baru yang lebih fokus kemana arahnya blog saya, saya memutuskan untuk ke programming saja. Dari sana saya mulai buat artikel2 yang berkualitas untuk pembelajaran (bagi mereka yang sedang belajar progamming).

Saya browsing-browsing lagi, katanya harus ada navigasi jelas dan widget yang sesuai dengan keinginan google. Dari sana saya buat menu Contact, Privacy Policy, Disclaimer, Site Map dan About. Saya mengganti Widget juga yaitu Menaruh Search bawaan blogger, Popular Posts, Google Plus Profile, Label dan Achieve. Saya juga menganti template blog saya agar sesuai dengan spisifikasi Google Adsense. Kalian bisa cari-cari di google template untuk adsense. Tidak lupa yang saya lakukan selalu update artikel yang berkualitas dan original.
Hati sudah mantap ingin daftar lagi, saya daftar kembali untuk ketiga kalinya dan hasilnya ditolak juga, makin terasa sakitnya. haha. Kali ini masih sama katanya kontent tidak memadai

Q : TERUS APA YANG DILAKUKAN?


Saya browsing-browsing kembali dan ada yang bilang gambar tidak boleh ngambil dari google image katanya google sangat memperhatikan masalah hak paten/credit seseorang.

Saya hapus semua image2 yang saya ambil dari google image, dalam pikiran saya tak apalah postingan saya gak ada imagenya. tidak lupa saya ganfi fontnya biar menjadi lebih baik untuk dibaca.

Saya juga sempat membaca di blog-blog tetangga, katanya google lebih suka jika artikelnya ada navigasi jelas, misalnya begini, paragraf ini menjelaskan tentang apa, peragraf itu menjelaskan tentang apa, sehingga pembaca lebih bisa focus. Saya rubah postingan saya dan setiap menulis postingan harus ada navigasinya.

Saya daftar ulang ke adsense untuk ke empat kalinya, kali ini email balasannya situs tidak sesuai dengan kebijakan google. Oalah kok makin parah ini (mau putus asa dalam hati).

Q : TERUS?


Pelan-pelan saya berfikir, kalo websitenya hanya menampilkan konten agar bisa tembus adsense ya pasti pembaca juga malas untuk lihat-lihat keseluruhan website kita.

Perlu teman-teman ketahui Navigasi blog saya hanya berisi Home, about, privacy policy, site map dan contact. Ya pasti tidak menarik bagi pengunjung untuk lama-lama dengan blog kita. Dari sana saya coba ber improvisasi dengan menambahkan beberapa menu agar terlihat lebih menarik. Menu yang saya tambahkan diataranya Menu PHP, Menu HTML, Java Education, Android Animation. Dari sana tampilan blog saya lebih seperti blog yang serius dengan temanya yaitu pemrograman.

Saya tetap melakukan update artikel tetang pemrograman, menggunakan image sendiri dan video juga hasil karya sendiri. Setelah sekian lama, saya daftar lagi untuk kelimat kalinya.

Q : HASILNYA BAGAIMANA?


Kali ini saya tidak terlalu memikirkan kenapa blm ada email keterangan apakah diterima atau tidak. Entah berapa hari saya menunggu dan akhirnya, Jreng-jreng :

accepted

Rasanya tidak bisa di ungkapkan gan. Email pemberitahuan saya dapat malam-malam ketika saya sedang update artikel

Q : OYA GAN, KALO MASALAH BANYAKNYA POSTINGAN?


Kalo yang ini saya juga belum tau pastinya, saya baca-baca katanya ada yang postingannya hanya 7 buah sudah diterima (tapi itu dulu), ada yang banyak dan lain lain. Kalau sekarang ada baiknya update terus artikel yang berkualitas, jgn memikirkan berapa banyak minimal postingan.

Sebagai contoh blog saya ini ketika diterima adsense postingannya baru mencapai 43 posts. Tapi memang saya menulis artikel tidak becandaan, maksudnya apa yang menjadi topik blog saya saya tulis demikian dan dengan navigasi yang bagus agar pembaca nyaman membacanya.

Intinya jangan hanya sekedar saja membuat postingan tapi harus dengan niat membuat tulisan yang dapat membantu banyak orang ketika pembaca membaca tulisan kalian.

Ini penting : kalian harus konstan meng update artikel setiap harinya, jangan kambuh-kambuhan, google akan melihat keaktifan blog kalian melalui widget achieve yang kita pasang. Contohnya saya dulu anget-anget tai ayam update postingannya ya gak diterima-terima. baru bulan kemarin hampir tiap hari update dan untungnya sekarang bisa diterima.

KESIMPULANNYA 


Berkaca dari pengalaman saya ditolak Google Adsense dan yang saya lakukan (Jika ingin mengikuti cara saya), maka lakukanlah :

  1. Pastikan template yang digunakan sudah support Adsense
  2. Update artikel yang orginal karya sendiri, baik Gambar maupun videonya.
  3. Jangan terlalu banyak ada Gambar atau Video. Gambar dan video harus related to POST
  4. Pasang navigasi About, Contact, Privacy Policy, Site Map, Disclaimer
  5. Pasang widget Search bawaan blogger, Popular posts, Label, profile Google Plus, Achieve
  6. Selain navigasi di point 4, di blog kalian juga harus pasang navigasi yang mencirikan blog kalian mengambil tema apa. Contohnya jika programming ya tampilkan Menu PHP, JAVA, HTML dan lainnya.
  7. Sebaiknya tema blog kalian harus focus membahas tentang sesuatu, kenapa demikian? karna jika tidak focus Google Adsense akan kebingungan mengkategorikan iklan yang cocok untuk blog kalian. Ini akan memperlambat approval.
Oya ini tambahan yang saya lakukan selama ditolak berkali-kali.

  1. Nama Google Plus saya samakan dengan nama blog saya yaitu sama sama ada putuguna. Begitu juga dengan akun youtube saya, saya kasi nama yang sama dengan blog saya
  2. Cover image di Google plus saya isikan nama blog saya, jadi seakan memertegas bahwa blog ini memang serius dalam membuat artikel. Begitu juga dengan cover youtube saya, pokoknya saya isikan embel embel putuguna[dot[com.
  3. Pasang cookies di blog. Seperti diblog saya ini saat pertama kali kalian buka pasti ada popup GOT IT!.
  4. Daftarkan blog kalian di Google Analityc 
  5. Kalian bisa cek akun Google plus dan  channel youtube saya
  6. Jika ingin share artikel, gunakan Google Plus. Untuk sementara hentikan dulu, share artikel ke Facebook atau lainnya. Cukup gunakan produk-produk google. Ini akan membantu kalian kedepannya. Pecaya deh, Google senang jika produk-produknya digunakan.
Kalo yang ini saran yang optional dari saya

  1. Buat blog dengan membahas sesuatu yang tidak pasaran. Banyak saya temui tutorial-tutorial pasaran yang kurang berkualitas. Jika kalian tetap membuat blog dengan tema yang banyak blogger lain gunakan usahakan artikelnya bagus, tidak sekedar copy dan paste tapi buat postingan yang meskipun panjang, tapi orang nyaman membacanya.
  2. Kenapa saya sarankan agar jangan membuat blog dengan tema pasaran, karna google pasti lebih ketat menyeleksinya. Dan membuat akun Adsense teman-teman semakin lama untuk di approve.
  3. Sekedar pengalaman dulu blog saya ini juga isinya tentang tutorial-tutorial pasaran, sekedar copy and paste. Namun setelah ditolak berkali-kali, saya putuskan untuk membahas masalah pemrograman, intinya yang ada hubungannya dengan koding. Blog saya juga memiliki identitas tema yang dibahas
  4. Lalu kenapa ada postingan tentang Adsense ini? Saya tidak bermasud untuk banting stir, saya hanya ingin share pengalaman saya saja. tidak akan banyak kok postingan-postingan yang melenceng dari tema blog saya, kalaupun ada pasti itu berkualitas.
  5. Buat tema blog yang sekiranya itu berguna bagi orang banyak. Misalnya kalian suka photography, kenapa tidak posting masalah photography saja?
Setiap orang mungkin berbeda caranya, tapi semoga pengalaman saya membantu kalian yang sedang berjuang untuk jadi publisher Google Adsense.

9 komentar

Thanks atas share pengalamannya mas putu, pengalaman adalah guru yang terbaik, jika banyak orang yang menuliskan pengalaman seperti ini akan banyak sekali referensi untuk orang yang sulit diterima adsense, karena ya begitulah adsennse alasan penolakannya terlalu general.

sama-sama gan. iya memang kita gak bisa menebak alasan pasti si google menolak permohonan kita, salah satu caranya ya dengan membaca pengalaman blogger2 yang sudah berhasil (khususnya yang baru-baru ini, karena utk lolos adsense sekarang2 ini lebih susah)

thanks gan, saya membaca artikel ini berasa banget kualitasnya, seprtinya blog saya di tolak karena pengaruh gambar yang di comot. kalo boleh tau agan cari gambar disitus mana ya? atau apakah agan edit sendiri gambarnya?

bro mau tanya, pas pengajuan ulang google adsense ente sampai diterima di review kedua itu berapa lama bro?

dulu saya cari gambar dari google image gan hahaha, sekedar comot2 gitu juga.
Tapi setelah itu saya hapus semua gambarnya dan buat image sendiri.
misalnya dengan printscreen apa yang kita sedang buat. Itu aja sih gan.
tapi usahakan jangan kebanyak juga gambarnya, karna google juga gak suka blog yang kebanyak gambar, katanya gak informatif

lumayan lama bro, hampir 2 bulan bro. dalam kurang waktu tersebut saya banyak sekali update2 artikel yg memang original punya saya.
disamping itu juga perbaiki konten blog dan menghilangkan sesuai yang dilarang goolge, misalnya karya orang lain yg kita copy and paste.

ajarin ane dong gan ngedesain blog ane juga mau bisa kayak masnya

Saya juga gak jago nge design gan, saya hanya googling2 saja, step by step, hehe

misalnya kalo saya lagi pengen merubah tampilan sidebar, saya focus disana aja dulu utk modifikasinya, caranya ya google juga gan, banyak tutorialnya kok gan

Please post a polite comment and do not post a spam
EmoticonEmoticon