Java, Android, MySQL, PHP, HTML

Cara Mengatasi dan Debugging Error NullPointerException Pada Java

Error bukanlah hal yang asing lagi dikalangan programmer. Mau tidak mau ketika kita sedang membuat aplikasi berbagai macam error pasti kita temui baik itu error yang level mudah sampai level sulit.

Banyak dari meraka yang sedang belajar programming sering putus asa ketika mendapat error khususnya error NullPointerException bahkan ada yang sampai menyerah. Pengalaman ini  saya dapat ketika melihat teman-teman saya yang sedang belajar programming khusunya java sering mendapat error NullPointerException dan tak kunjung resolve.

Baca juga (Cara Handle Error Force Close Saat Masih Dalam Proses Development)

Tanpa mereka sadari bahwa mendapat error adalah suatu anugrah bagi seorang yang sedang belajar. Kenapa? karena error akan mampu membawa kemajuan pada diri kalian sendiri. Bagaimana bisa? Bisa. asalkan kalian tidak menyerah dengan cepat ketika error pada program yang kalian buat.

beberapa penyebab kenapa kita sering kesulitan dalam mengatasi error, antar lain :
  1. Kurangnya pemahaman logic kita terhadap apa yang kita buat dan tentang pemrograman sendiri. Untuk mengatasi hal ini satu satunya cara yaitu jam terbang dalam menulis kode dan memahaminya
  2. Kurang bertanya ketema-teman yang sudah ahli, belum apa-apa sudah bilang sulit. Sudah konsultasi keteman yang lebih pintar belum?
  3. Kurangnya pemahaman fitur-fitur EDI yang kalian pakai menulis program
Nah, kali ini saya akan sharing tetang bagaimana menyelesaikan error NullPointerException melalui cara nomer tiga (3). Saya akan menggunakan Netbeans untuk bahan percobaan. Di Netbeans sudah ada fitur DEBUG yang mempermudah kita mendeteksi error NullPointerException disetiap baris program yang kita buat. Bagaimana caranya? Tulis program dibawah ini :

NullPointer.java Di beberapa baris program diatas adalah program sederhana untuk men split kalimat berdasarkan spasi. Pada String KalimatTest saya set sengaja dengan nilai null agar lebih mudah kalian mengerti bagaimana proses debugging nya.

Jika di running program tersebut akan mendapatkan hasil error NullPointerException. Lihat Gambar 1

Gambar 1




NullPointerException terjadi karena sesuatu yang akan di eksekusi bernilai null 

Mari kita debug satu persatu line program yang kita tulis dari atas :

Arahkan pointer kalian ke sisi kiri dari kodingan di Netbeans (yang ada angka-angkanya), kemudian klik saja (yang ada angka-angkanya) line berapa yang mau di debug, nanti akan terlihat kota berwarna pink/merah/jingga. Lihat Gambar 2

Gambar 2
Pada Gambar 2 saya memulai proses debugging dari line paling atas (tepat dibawah nama method). Setelah itu lihat menubar Netbeans, pilih debug file. Atau bisa juga dengan klik kanan pada kodingan kalian, pilih debug file.

Setalah kalian pilih debug file, lihat satu satu dengan menekan f8 agar proses debuggingnya melihat baris kode satu persatu. Lihat Gambar 3

Gambar 4
Hasilnya terlihat di console yang saya kotakin hitam tersebut penyebab error null pointer exception.

Karna sudah ketahuan errornya, selanjutnya kita tinggal isi variable yang bernilai null tersebut nilai baru, bisa menggunakan variable diatasnya yang sudah ada nilaiinya, menjadi seperti ini :

String kalimat = "Saya akan belajar java";
String kalimatTest=kalimat;

sehinggal value dari kalimatTest menjadi Saya akan belajar java

Silakan kalian running lagi, pasti tidak ada error.  Hasilnya seperti Gambar 5

Gambar 5


Selamat mencoba, semoga bermanfaat. happy coding!! have fun!!
0 Comment(s) for "Cara Mengatasi dan Debugging Error NullPointerException Pada Java"

Please post a polite comment and do not post a spam

Back To Top
close