Saturday, 2 July 2016

Membuat Splash Screen View Pager dengan Indicator Android

Pada bagian awal aplikasi biasanya terdapat sebuah perkenalan singkat tentang aplikasi yang bersangkutan. Perkenalan singkat tersebut muncul hanya sekali pada saat aplikasi baru di install. Perkenalan singkat tersebut di dunia Android biasanya disebut Splash Screen.

Splash Screen berisi kata atau kalimat inti tentang aplikasi dan user hanya tinggal melakukan swipe kesamping. Splash Screen biasanya berisi 4 - 5 slides dan terdapat button get started/skip yang digunakan untuk men skip bagian tersebut.

Baca juga (Cara mebuat petunjuk penggunaan aplikasi pada Android)


Indicator yang dimaksud disini adalah titik-titik yang berada dilayar bawah menunjukan jumlah dari slide atau gambar pada splash screen pada aplikasi. Warna tertentu menunjukan bahwa slide sudah berada diposisi berapa.

Kenapa bisa muncul sekali? ada banyak cari sih untuk mengakali agar tampilan splash screen hanya muncul hanya pada saat aplikasi di install. Disini saya menggunakan SharedPreference untuk membantu proses tersebut.

Pada postingan ini saya akan medemokan bagaimana membuat aplikasi splash screen yang hanya muncul sekali saat di install pertama kali. Baca baik-baik setiap step nya.

PERSIAPAN

Kita gunakan dua layout, diantaranya
  1. activity_main.xml
  2. activity_second.xml
  3. pager_item_image.xml
Untuk selector indikator saya gunakan dua buah selector, yaitu
  1. non_selected_item.xml
  2. selected_item.xml
Untuk class.java ada tiga, yaitu
  1. ViewPagerAdapter.java
  2. MainActivity.java
  3. SecondActivity.java

untuk yang lain-lainnya kalian bisa menyesuaikannya.

PEMBUATAN PROGRAM

Proses pembuatan aplikasi akan kita mulai dari runtutan persiapan diatas, dimulai dari layoutnya.

activity_main.xml
Perhatikan dilayout tersebut ada sebuah LinearLayout dengan id viewPagerCountDots, ini yang akan menjadi titik-titik indikatornya. Titik indikator tersebut menyesuaikan dengan banyaknya image di viewpager.

activity_second.xml
activity_second.xml ini hanya digunakan sebagai tanda bahwa splash screen hanya muncul sekali saat aplikasi di install

pager_item_image.xml
pager_item_image.xml ini sebagai bingkai image-image yang akan kita tampilkan di viewpager.

non_selected_item.xml
Selanjutnya kita buat selector untuk menandai posisi keberapa splash screen yang sekarang. Selector ini digunakan di Indikator. Tempat membuat selector ini di folder drawable.

selected_item.xml

Setelah semua persiapan persiapan selesai kita buat, mari kita terapkan kedalam file java, untuk proses pembuat aplikasinya, dimulai dari :

ViewPagerAdapter.java  MainAcitivity.java   SecondActivity.java

Agar Splash Screen muncul hanya pada saat aplikasi di install, di class MainActivity.java di onCreate() kalian tambahkan kode SharedPreference berikut :

Setelah semua siap, coba running aplikasi kali dan coba lagi buka, apakah sudah ke SecondActivity.java belum. Kalau ada yang kurang jelas silakan ditanyakan di komentar dibawah ini. Happy coding!! have fun!

Oya!! setiap kalian buat activity baru, kalian harus difinisikan di AndroidManifest.xml ya, Wajib!!

Please post a polite comment and do not post a spam
EmoticonEmoticon