Wednesday, 7 December 2016

Perbedaan Fragment dan Activity pada Android

Beberapa istilah yang harus dipahami dalam mempelajari Android adalah Activity dan Fragment. Disini saya akan menjelaskan secara simple apa perbedaan dari keduanya.


Penjelasan ini tidak mutlak harus benar bagi sebagian orang, ini adalah versi saya dimana penjelasan inilah yang membuat mengerti saya ketika saya belajar Android

Activity


Activity bisa dikatakan sebagai komponen dalam Android yang menyediakan layar (screen) dimana didalamnya users dapat melakukan aktifitas seperti mengambil foto, menekan nomor telepon, mengirim pesan atau melihat maps.  Lebih jelasnya baca disini :

https://developer.android.com/guide/components/activities.html

Kalo di ibaratkan ke hal lain, activity itu seperti bingkai foto, yang sudah lengkap (frame foto + foto nya), artinya sudah paten, frame dan fotonya sudah jadi satu, tidak bisa diganti lagi.

Baca juga : Cara Pindah Dari Activity Ke Fragment dan Fragment Ke Activity 

bisa juga diambil contoh, jendela rumah yang ada kacanya, yang ketika kita beli sudah langsung jadi satu dengan kacanya,


Google Image

Fragment 


fragment bisa dikatakan representasi dari kebiasaan (behavior), prilaku atau bagian dari user-interface dalam Activity. fragment selalu & harus dipasang (embeded) di dalam activity. kalian dalam membuat banyak fragment dalam activity.

Lengkapnya baca disini : https://developer.android.com/guide/components/fragments.htm


Google image
kembali kecontoh jendela rumah, frame jendela kali ini bisa mengganti-ganti kacanya, kalo yang tadi (di activity) kaca dan framenya sudah menyatu dan tidak bisa diganti-ganti. Sedangkan disini kaca tersebut bisa diganti-ganti masih dalam frame yang sama. Sesuatu yang mampu mengganti kaca tersebut masih dalam satu frame itulah disebut Fragment.

Baca juga : Tutorial Cara Pindah Activity dengan Menggunakan Intent 

semoga mengerti ya, atau sambil praktek biar kalian paham apa yang dimaksud dengan Activity dan Fragment

Kapan Menggunakan Activity dan Fragment?


  1. Fragment biasanya digunakan ketika terjadi banyak aktifitas dalam satu activity, contohnya Menu samping android sliding drawer dan Tab-Tab dalam android
  2. Activity biasanya digunakan ketika didalamnya tidak terjadi banyak aktifitas seperti Tab-Tab, NavigationDrawer dllnya.

Susah memang menjelaskan fragment itu bagaimana, tapi intinya fragment itu bagian dari acitivity dan terjadi diactivity,

Agar lebih cepat mengerti bagaimana keduanya bekerja, silakan praktek meng koding secara berkala.

Please post a polite comment and do not post a spam
EmoticonEmoticon