Friday, 6 January 2017

Perbedaan Type Data Binary Dengan Varbinary

Pada dasarnya, ciri-ciri dari pada tipe data Binary dan Varbinary hampir sama dengan type data Char dan Varchar, yang berbeda hanya pada struktur penyimpanannya saja.

Jika Char dan Varchar disimpannya berdasarkan karakter, Binary dan Varbinary disimpannya berdasarkan per bit nya (dihitung secara biner bukan perkarakter).

Baca juga : Perbedaan type data Byte dan bit

Selain itu, ada perbedaan lainya diantara char/varchar dengan binary/varbinary yaitu masalah case-sensitive. Case-sensitive adalah mesin penyimpanan akan membedakan antara huruf kapitan 'B' dengan 'b'. Huruf kapital tersebut nilai binernya adalah 65, sedangkan huruf kecil bernilai 97.

Perbedaan antara Binary dan Varbinary

Saat inisialisasi ukuran memori, misalnya BINARY(10)/VAR BINARY (10), maka mesin akan mengaloksikan ukuran memorinya sebanyak 10.

Ukuran maksimal masing-masing tipe data tersebut adalah
  1. Binary = 225 karakter
  2. Var binary = 65,535 karakter
Nantinya karakter yang di inputkan akan disimpan secara biner. Jika alokasi memori tidak didefinisikan pada awalnya, maka nilai yang dipakai adalah nilai defaultnya yaitu 1

Baca juga : Perbedaan tipe data Char dan Varchar

Bagaimana membuktikan jika Binary dan Varbinary itu adalah case-sensifif?

Tidak susah, kalian tinggal buat database simple, buat satu atau lebih tipe data binary dan varbinary, isikan datanya, lalu execute query nya. Lihat Gambar dibawah ini :

Captured from duniailkom.com
Penjelasan :

Pada kolom merah pertama, ketika di execute where='dunia', maka ada hasil yang keluar, karena memang didatanya, dunia ditulis dengan huruf kecil.

Sedangkan di kolom merah kedua, ketika di execute where='DUNIA', tidak ada hasil yang keluar, karena di data alsinya, tidak ada huruf kapital DUNIA tersimpan, yang ada hanya huruf kecil 'dunia'.

Semoga paham dengan penjelasan saya diatas. Terimakasih.

Please post a polite comment and do not post a spam
EmoticonEmoticon