Java, Android, MySQL, PHP, HTML

Tutorial Insert Data Menggunakan PHP PDO + MySQL

Setelah beberapa saat sebelumnya saya membuat artikel tentang cara insert data dari Android ke server yang dibuat dengan PHP + MySQL, maka sekarang saya membuat input data versi webnya.

Dengan kata lain, saya akan menginput/insert data dari web bukan dari mobile. Ini masih satu project dengan insert data dari Mobile, cuma saya pisah aja, biar jadi ada banyak referensi bagi kalian yang sedang mencari-cari informasi terkait.

Video Demo



Membuat Database


Database yang digunakan masih sama dengan project input data dari mobile, tidak ada yang berubah ataupun diganti. Kalian bisa ikuti langkah-langkah pembuatan databasenya. Silakan lihat kembali lankah-langkah pembuatan databasenya DISINI

Kodingan PHP


Ada beberapa file yang saya gunakan agar bisa melakukan input data dari web, antara lain :
  1. Connection.php, untuk menghubungkan database dengan project yang dibuat
  2. InsertFood.php, berfungsi untuk melakukan insert data ke database
  3. DisplayFood.php, berfungsi untuk menampilkan data yang ada di database ke web page
  4. FormInsertFood.html, berisi form untuk input data food.
Agar tidak bingung, kalian bisa lihat struktur folder project ini pada Gambar 1 dibawah ini :

Gambar 1

1. Connection.php

File ini digunakan untuk menghubungkan database yang dihosting di localhost ke project yang kita buat. Disini saya menggunakan PDO untuk menghubungkan ke database. Kodingan lengkapnya seperti dibawah ini :

2. InsertFood.php

Baca juga : Perbedan Koneksi database antara MySQL, MySQLi dan PDO Secara Singkat

File ini berisi query untuk insert data ke database. Bisa dikatakan file ini sebagai mesin untuk mengambil data yang di input user kemudian di masukan kedatabase. Kodingan lengkapnya bisa dilihat dibawah ini :

3. FormInsertFood.html

File ini berisi form untuk input data food. Method yang digunakan adalah POST. Jika kalian belum terlalu paham apa beda antara method POST dan GET, silakan baca postingan saya tentang perbedaan sederhana antara POST dan GET.

Sedangkan pada bagian actionnya kita taruh file InsertFood.php. Artinya begini, setiap kali user menginput data dan menekan submit, maka data-data tersebut akan di tindak lanjuti oleh file InsertFood.php untuk kemudian disimpan ke database.

Kodingan lengkapnya, bisa dilihat dibawah ini :

Perhatikan pada bagian name di kolom food Name dan Food Quantity. Disana ada attribute name, isi dari attribute name harus sama dengan attribute yang digunakan dalam file php.

Sebagai contoh :

Di php, untuk mendapatkan data foodname yang di input user, maka kita harus menulis begini :

$foodName = $_POST['foodname'], foodname didapat dari nama attribute pada textfield Food Name di HTML.

Begitu juga dengan foodqty :

$foodQty = $_POST['foodqty'], foodqty didapat dari nama attribute pada textfield Food QTY di HTML.

4. DisplayFood.php

File ini digunakan untuk menampilkan data-data yang ada pada database. Jika kalian ingin menampilkan data yang sudah masuk kedatabase ke web page, maka kalian bisa menggunakan class ini. Kodingan lengkapnya ada dibawah ini :

Itulah beberapa langkah yang dapat saya sampaikan tentang cara insert data ke database menggunakan PHP PDO + MySQL. Semoga bermanfaat dan semoga mengerti dengan mudah. Terimakasih.
Tag : html, mysql, php
0 Comment(s) for "Tutorial Insert Data Menggunakan PHP PDO + MySQL"

Please post a polite comment and do not post a spam

Back To Top
close